5 Mitos Tentang Parfum Yang Salah Besar!

Wewangian adalah sesuatu yang tidak seberapa dipahami oleh masyarakat Indonesia. Bahkan banyak dari kita pasti kebingungan dengan namanya. Ada parfum, ada cologne, dan mengira parfum itu untuk wanita dan cologne untuk pria.

Padahal penamaan tersebut berasal dari konsentrasi minyak parfum yang ada di dalamnya. Yakni Eau de Cologne hanya 3 persen konsentrasi minyak parfum, Eau de Toilette yang mengandung 10 persen, serta Eau de Parfum yang mengandung 15 hingga 20 persen. Ada yang mengandung 25 persen, di mana hanya sedikit diaplikasikan saja bisa tak hilang berhari-hari.

Masih sangat banyak hal yang tidak diketahui oleh masyarakat soal parfum, di samping hanya soal nama. Berikut beberapa di antaranya:

eau de parfum bathaholic

Mitos Parfum seharusnya disimpan di kamar mandi

Fakta: Banyak yang mengira tempat paling aman dan baik untuk menyimpan parfum adalah di kamar mandi. Padahal hal ini salah besar. Panas yang ada dalam kamar mandi bisa membuat minyak alami yang ada dalam parfum menguap lebih cepat. Hal ini dapat membuat bau dari parfum jadi lebih cepat hilang. Selain itu, wanginya juga akan terasa berbeda.

Mitos: Bau parfum yang ada di kertas, sama dengan baunya ketika di kulit

Fakta: Parfum akan berbau berbeda di tempat yang berbeda pula. Di kertas, di pakaian dan di kulit di mana parfum bercampur dengan minyak alami tubuh, baunya tak mungkin sama. Jadi, parfum seharusnya berbau berbeda ketika pertama kali ditawarkan oleh pramuniaga di selembar kertas, dan ketika kita pakai. Jika ingin tahu, aplikasikanlah di kulitmu.

Mitos: Cara menggunakan parfum paling efektif adalah dengan menyemprotkannya ke udara, lalu kita berjalan ke arahnya

Fakta: Faktanya, kamu seharusnya mengaplikasikan parfum dengan menyemprotkannya langsung ke kulit yang kering sempurna, dan gunakan dengan sehemat mungkin. Menyemprotkannya ke udara tak akan begitu berpengaruh, justru akan memboroskan penggunaan parfum tersebut. Berbagai cara untuk membuat parfum lebih tahan lama di tubuhmu, adalah tergantung cara aplikasi, tipe kulit, cara menyimpan, serta komposisi parfum.

eau de parfum

Mitos: Memakai parfum dengan cara mengaplikasikannya ke tangan dan menggosokkannya adalah cara yang paling efektif

Fakta: Menggosok-gosokkan parfum di pergelangan tangan dapat membuat minyak alami dalam parfum menguap lebih cepat. Biarkan parfum berada di kulit dan meresap dengan sendirinya.

Mitos: Makin mahal sebuah parfum, makin baik kualitasnya

Fakta: Ternyata harga bukanlah segalanya dalam hal parfum. Parfum ada berbagai jenis dan intensitas, sehingga kecocokan masing-masing individu adalah hal yang paling penting. Terlebih lagi, layaknya kita memfavoritkan hal lain, wangi adalah selera bukan?