Jerawat Punggung, penyebab dan cara mengatasinya

Mengenal Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

Kok bisa sih jerawat muncul di punggung? Jerawat bukan cuma bisa muncul di area wajah saja. Jerawat bisa tumbuh di area manapun yang terapat minyak atau folikel rambut. Area tubuh lain juga bisa rentan tumbuh jerawat, terutama daerah punggung. Sebenarnya jerawat punggung merupakan masalah yang paling umum dialami oleh remaja bahkan orang dewasa.


Penyebab Jerawat Punggung

Punggung memiliki banyak kelenjar minyak yang memproduksi sebum ataupun minyak alami kulit. Sebum sebenarnya memiliki manfaat yang baik bagi kulit kamu. Berfungsi untuk menstabilkan suhu, biasanya sebum keluar bersamaan dengan keringat. Selain itu sebum juga bisa melembabkan kulit pada saat udara dingin dan mencegah pertumbuhan bakteri pada kulit.


Namun penumpukan sebum yang berlebih pada kulit bisa juga menyumbat pori pori dan malah mengakibatkan perkembangan bakteri yang bisa memicu peradangan. Akibatnya muncul keluhan ‘jerawat punggung’


Tidak menjaga kebersihan punggung juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat punggung. Pada saat mandi area punggung adalah area yang cukup sulit untuk dijangkau. Oleh karena itu kebersihan di area punggung sering kali tidak maksimal.


Selain itu penggunaan hair care yang berlebihan juga bisa memicu jerawat punggung. Pada saat keramas residu pada haircare akan terbawa ke punggung. Jika produk haircare berlebihan, akan sulit membersihkan residu yang ada di kulit punggung terutama haircare yang mengandung silicon dan oil.


Diluar dari itu penggunaan pakaian yang terlalu ketat juga mempengaruhi pertumbuhan jerawat. Sebum dan minyak akan terperangkap diantara pakaian dan kulit sehingga menyebabkan penumpukan dan penyumbatan pori pori.


Mengatasi Jerawat Punggung


Mencegah dan mengobati jerawat punggung sebenarnya cukup sederhana. Pertama tama perhatikan kebersihan kulit. Gunakan sponge mandi tangkai untuk area punggung saat mandi, agar kotoran yang menumpuk di punggung bisa dibersihkan dengan maksimal. Hindari menyentuh area jerawat dengan tangan yang masih kotor, jika ingin menggunakan produk perawatan kulit usahakan kebersihan tangan lebih terjaga.


Rutin eksfoliasi juga merupakan salah satu cara untuk mencegah dan menghilangkan jerawat punggung. Eksfoliasi yang rutin dapat menghindarkan penumpukan sebum dan penyumbatan pori. Pilihlah bahan ekfoliator yang gentle untuk area jerawat untuk meminimalisir iritasi. Lakukan eksfoliasi 1 sampai 2 kali dalam satu minggu.


Gunakan sabun dengan bahan yang jerawat-friendly. Hindari sabun dengan bahan yang terlalu keras agar iritasi pada jerawat tidak semakin parah. Sebaiknya gunakan sabun dengan antioksidan, antiinflamasi, atau antibakteri.

Selain itu hindari pakaian yang terlalu ketat, jika ingin memakai pakaian olahraga segera bersihkan area kulit setelah berolahraga. Agar minyak dan sebum yang menumpuk tidak terlanjur menyumbat pori pori.


Jika jerawat punggung sudah tidak terkendali bahkan menyebabkan infeksi dan gejala demam segera temui dermatologist atau dokter kulit. 


Nah itulah tadi informasi tentang jerawat punggung dan cara mengatasinya. Jangan lupa jaga kesehatan dan kebersihan kulit, agar terhindar dari masalah masalah kulit. Semoga bermanfaat.