Kesalahan Dalam Melakukan Eksfoliasi, Nomor 5 Mungkin Sering Kamu Lakukan

Untuk memaksimalkan skincare menyerap ke dalam lapisan kulitmu, salah satu step terpenting dari merawat kulit adalah dengan melakukan eksfoliasi. Mengapa eksfoliasi begitu penting dalam step perawatan kulit, karena treatment ini dapat mengangkat sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan dapat menimbulkan masalah baru seperti jerawat dan kulit kusam. 


Walaupun eksfoliasi terdengar sederhana dan dapat dilakukan kapanpun, namun ternyata ada beberapa hal rutinitas eksfoliasi yang ternyata masih kurang tepat jika dilakukan loh. Cek apakah kamu masih suka melakukan 5 hal yang sebaiknya kamu hindari saat kamu melakukan eksfoliasi di bawah ini : 

1. Menggosok Kulit Terlalu Keras

Tujuan eksfoliasi memang untuk mengangkat sel kulit mati, tapi bukan berarti kamu harus menggosoknya terlalu keras ya. Karena menggosok kulit terlalu kencang dapat membuat kulit menjadi sensitif dan iritasi, walaupun dengan soft exfoliation sekalipun. 

2. Melakukan Eksfoliasi Dalam Kondisi Kulit Kering

Nah, siapa hayo yang sering begini ? Tahukah kamu eksfoliasi saat kondisi kulit kering lebih berisiko membuat kulit menjadi iritasi, baiknya basahi dulu bagian kulit yang akan di eksfoliasi ya. 

3. Eksfoliasi Saat Kulit Berjerawat

Dengan eksfoliasi rutin, banyak masalah kulit yang dapat teratasi, salah satunya adalah jerawat. Namun, bukan berarti saat kulitmu berjerawat, maka eksfoliasi ada jalan ninja untuk menghempas jerawatmu ya. Alih-alih hilang, jerawat bisa jadi semakin meradang dan muncul masalah kulit baru seperti iritasi kemerahan bahkan bopeng pada kulit. Jadi, jangan sekali-kali dicoba ya guys !

4. Tidak Menggunakan Pelembab Setelah Melakukan Eksfoliasi

Step satu ini, adalah agenda wajib setelah kamu eksfoliasi yang tidak boleh di skip. Karena proses 

   eksfoliasi cenderung menurunkan kelembaban dari kulit, maka kamu harus mengembalikannya 

dengan cara mengaplikasikan pelembab yang sesuai dengan jenis kulitmu ya.

5. Terlalu Sering Eksfoliasi

Prinsip, semakin sering mengangkat sel kulit mati maka kulit akan semakin glowing sebaiknya perlu diperhatikan lagi nih guys. Karena semakin sering kamu eksfoliasi, nyatanya dapat membuat lapisan kulitmu menjadi tipis dan menjadi sensitif. Baiknya, lakukan eksfoliasi selama 1-2 kali seminggu dengan gentle exfoliator atau eksfoliator yang mengandung natural ingredients. Jika, kamu ingin melakukan scrubbing, maka lakukan 2 minggu - 1 bulan sekali ya, agar kelembaban alami kulitmu tidak menghilang. 


Nah, dari 5 hal diatas, ada berapa hal yang masih sering kamu lakukan sampai saat ini ? Karena sekarang sudah tahu, yuk kita perbaiki cara eksfoliasi kulit kita Bathaholic !