Sabun Berbusa Lebih Membersihkan ? Cek Faktanya Disini !

Siapa disini yang seneng banget main busa saat mandi ? Seru ya ! Tapi kalian tahu gak , Sabun dengan busa yang banyak dapat memberikan kesan bersih. Padahal, jumlah busa yang dihasilkan sabun belum tentu berimbas positif terhadap kebersihan tubuh loh. 

 

Umumnya busa yang dihasilkan sabun didapat dari bahan kimia surfaktan, contohnya Sodium Lauryl Sulfate atau SLS dan Sodium Laureth Sulfate.  Menurut penelitian, SLS dapat merusak sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mengakibatkan pemisahan lapisan kulit dan peradangan kulit, sehingga Skin Barrier kita akan menurun guys. 

 

Cara Memilih Sabun Yang Baik

1. Kulit kering

Jika kamu memiliki tipe kulit kering, sebaiknya hindari sabun dengan kandungan detergen, antibakteri, pewangi, dan alkohol karena bahan-bahan ini dapat menyebabkan dermatitis kontak yang membuat kulit iritasi dan semakin kering.

Sebagai gantinya, pilihlah sabun yang mengandung pelembap alami, seperti minyak zaitun, lidah buaya, atau cocoa butter

2. Kulit berminyak

Minyak tidak sepenuhnya jahat juga, ada juga yang memang diperlukan untuk kulit, tapi jika kulit memiliki produksi minyak berlebih akan lebih mudah mengalami komedo dan jerawat.

Untuk merawat dan mencegah munculnya masalah pada kulit berminyak, Kalian bisa menggunakan sabun berbahan kimia lembut dan bebas detergen atau sabun yang mengandung bahan-bahan organik khusus, seperti gliserin, madu, atau oatmeal. Sabun jenis ini baik untuk membersihkan kulit berminyak tanpa membuatnya iritasi.

3. Kulit sensitif

Kulit sensitif adalah jenis kulit yang mudah mengalami iritasi dan alergi terhadap bahan-bahan tertentu. 

lebih baik cari sabun tanpa pewangi dengan kandungan pH yang seimbang atau yang memang khusus dibuat untuk kulit sensitif.

Hindari pula penggunaan sabun berbahan antibakteri dan deodoran, karena bahan-bahan itu mengandung zat iritatif yang dapat mengiritasi kulit. 

Tapi kalau kulit kalian tipe yang sangat sensitif lebih baik konsultasi ke dokter kulit terlebih dahulu ya. 

 

Nah loh, yakin nih masih mau main busa saat mandi ? Jangan lupa kalau investasi kesehatan kulit itu juga ada loh !