Serum Mata vs Krim Mata: Mana yang lebih ampuh ?

Seiring bertambahnya usia, garis-garis halus, kerutan & mata panda bisa menjadi lebih jelas, sehingga penting untuk mulai aware sama kesehatan kulit sekitar mata kita. Nah, ada 2 pilihan untuk perawatan mata yakni serum dan krim. Kali ini Bathaholic, akan mengeksplorasi perbedaan utama antara keduanya dan membantumu memutuskan mana pilihan terbaik untuk kebutuhanmu..


Apa itu Serum Mata?


Serum mata adalah produk berbahan dasar cair atau gel yang ringan dan cepat menyerap yang dirancang untuk memberikan dosis bahan aktif terkonsentrasi langsung ke kulit. Formulasi ampuh ini seringkali berbahan dasar air dan mengandung konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi dibandingkan krim.


Manfaat Menggunakan Serum Mata


  • Mudah Menyerap

Serum memiliki molekul yang lebih kecil, sehingga memungkinkannya menembus kulit lebih dalam. Hal ini memungkinkan untuk mengirimkan bahan aktif langsung ke area yang ditargetkan.

  • Formula Konsentrat Tinggi

Serum dikemas dengan bahan aktif konsentrasi tinggi, seperti antioksidan, peptida, dan asam hialuronat, yang secara efektif dapat mengatasi masalah kulit tertentu.

  • Non-Komedogenik

Produk ini cenderung tidak menyumbat pori-pori, sehingga cocok untuk orang dengan kulit berminyak atau rentan berjerawat.


Apa itu Krim Mata?


Krim mata memiliki formulasi yang lebih kaya dan kental yang diformulasikan khusus untuk menghidrasi dan menutrisi kulit halus di sekitar mata. Produk ini seringkali mengandung campuran bahan pelembab dan emolien serta senyawa aktif.


Manfaat Menggunakan Krim Mata


  • Hidrasi Terbaik

Krim mata memiliki tingkat hidrasi yang tinggi, menjadikannya ideal untuk individu dengan kulit kering atau dehidrasi.



  • Barrier Protection

Konsistensi krim yang lebih kental menciptakan lapisan pelindung pada permukaan kulit, membantu mengunci kelembapan dan mencegah hilangnya air.


  • Sifat Emolien

Krim mata dapat menghaluskan dan melembutkan kulit, mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.


Lalu harus pilih yang mana ?

Pilihan antara serum mata dan krim mata pada akhirnya bergantung pada kebutuhan dan preferensi perawatan kulitmu, tapi kamu bisa coba pertimbangkan faktor-faktor berikut ini ya :

1.Jenis Kulit

Jika memiliki kulit berminyak atau berjerawat, serum mungkin lebih cocok karena teksturnya yang ringan. Untuk kulit kering dan butuh hidrasi lebih, krim mata adalah jawaban yang tepat.

2. Tujuanmu

Jika fokus utamamu adalah mengatasi masalah tertentu seperti garis halus, lingkaran hitam, atau mata panda, serum dengan bahan aktif terkonsentrasi mungkin merupakan pilihan terbaik.

3. Tekstur

Beberapa orang lebih menyukai tekstur serum yang ringan, sementara yang lain menganggap tekstur krim dirasa lebih nyaman dan melembabkan

4. Kombinasi Penggunaan

Perlu diperhatikan bahwa banyak rutinitas perawatan kulit yang menggabungkan serum dan krim. Serum biasanya diaplikasikan terlebih dahulu untuk memberikan perawatan yang ditargetkan, diikuti dengan krim mata untuk menambah hidrasi dan perlindungan.


Nah, sudah cukup tercerahkan dengan perbedaan diatas ? Berarti sudah semakin jelas ya, so kamu akan memilih produk yang mana nih ?